Pages

24 January 2015

Mau Apa Setelah Pensiun ?

Berdasarkan pengalaman saya dan temen-temen yang baru saja pensiun, khususnya yang pensiun dini seperti saya, merasakan pensiun itu enaknya hanya satu sampai dua bulan saja. Lha.. kenapa?. Bayangin.. kegiatan setiap hari banyaknya dihabiskan oleh kegiatan bangun, tidur, bangun lagi (kayak lagu Mbah Surip aja hehe..) makan, nonton tv, ngurus hobi kalau ada, bercanda dengan anak, ngobrol dengan tetangga, rekreasi ada bosennya toh yang didatangi pasti kesitu-situ juga. Terus... mau apalagi coba ?. Cari kerja lagi ?. Oh.. my God. No !, sekali lagi Nooooo !

Lah.. kok No ?. Ya iyalah.. Buat apa keluar sebagai pegawai kalau akhirnya akan mencari kerja lagi ? Toh tanpa kerjapun, Alhamdulillah.. bekal dari perusahaan itu pun sudah bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tinggal kita harus pandai2 mengelolanya.

Awalnya saya berpikir bahwa uang itu adalah segala-galanya. Tapi ternyata bukan.. Karena bagaimanapun juga manusia butuh kegiatan untuk mengisi waktunya. Dan yangsudah dirasakan, memang ga enak hidup hanya makan, minum, tidur dll. seperti yang disebutkan diawal cerita ini.

Sehingga tidak ada salahnya selepas berhenti bekerja (baca: pensiun) kita mencari berbagai kegiatan yang positif untuk menghilangkan rasa jenuh tadi. Tidak usah bertujuan untuk menghasilkan sesuatu yang bersifat finansial, tapi sebaiknya lebih condong untuk tujuan sosial. Misalkan di organisasi keagamaan atau organisasi sosial lainnya. Bahkan bisa berbuat sesuatu dalam organisasi kepemudaan di pedesaan yang memang masih kekurangan informasi.

Kenapa saya sarankan demikian ?. Ya.. karena kita berangkat bukan dari seorang pebisnis, maka kalau kita berharap akan mendapatkan keuntungan finansial dari kegiatan itu, saya khawatir anda akan mendapatkan stres baru yang lebih parah daripada dibanding ketika kita hanya menghabiskan waktu di rumah. Kalau ternyata akhirnya kita mempunyai pendapatan dari kegiatan itu, itu adalah berkah yang patut kita syukuri dan tentu saja kita pasti akan lebih bersemangat menjalani kegiatan itu.

Jadi... buat anda yang masih pegawai, rencanakanlah suatu kegiatan jauh hari sebelum anda memasuki masa pensiun atau sebelum anda berencana mengajukan pensiun dini. Apapun kegiatan yang akan dilakukan, selama rencana itu baik untuk diri sendiri apalagi untuk semua orang. pasti akan ada manfaatnya. Jangan takut untuk melangkah, karena ketakutan adalah salah satu penghambat untuk anda maju.
Usia boleh tua, semangat harus tetap muda !!.

cheer...

2 comments:

  1. Ada benarnya juga ya.. Memang hidup hanya berdiam diri itu tidak enak..

    ReplyDelete
  2. usia indah patut disyukuri,3 k pascapensiun: kesehatan,keuangan,kegiatan

    ReplyDelete

Terimakasih, kritik dan saran anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami.

Mau bikin akun Paypal ?

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.