Pages

19 March 2015

Bagaimana Mengurus STNK 5 Tahunan ?

Sebenarnya saya jarang mengurus surat-surat kendaraan bermotor sendiri. Emang saya ini pemalas, maunya nyuruh-nyuruh orang lain untuk mengurusnya. Nah.. Biar tahu proses mengurus surat2 kendaraan bermotor, akhirnya saya berangkat sendiri. Tempatnya di Samsat Rancaekek, alamat tepatnya lupa hehe.. Yang jelas masuk kedalam. Tapi dari jalan raya dekat kok..

Ternyata mengurusnya ga lama-lama amat kok, dari mulai daftar sampai diterima kembali tuh surat-surat, hanya memakan waktu kurang lebih 2,5 jam. Cukup lah, lagian di daerah sekitarnya ada tukang lontong kari, kupat tahu, gorengan dll. Jadi kamu ga bakal kelaparan kalaupun harus nunggu lama hehe.. Eh.. Kok malah ngurus makanan ya..

Karena saya pertama dalam hal ngurus surat-surat beginian, jadi awalnya plungak plinguk, tanya sana sini kayak orang linglung haha.. Jadi biar kamu ga kayak orang bloon seperti saya, nih saya kasih biar
lebih lancar.

Sebelum berangkat, yang harus kamu bawa :

1. BPKB
2. KTP pemilik kendaran (jangan pinjem punya orang lain ya hehe..) dan
3. STNK

Semua asli ya, jangan yang palsu.. Tapi semua foto kopi, cukup satu-satu.

Setelah difoto copy, masukkan kedalam map, ga usah yang mahal2, cukup yang harga seribuan saja seperti map buat kamu melamar kerja tahun 90han haha.. Semua masukkan kedalam map (yang asli dan foto copian, kecuali BPKB dibawa terpisah). Jepret pake hektar (bahasa kerennnya ga tahu) biar ga berceceran tapi jangan sampai menumpuk. Jelasnya : Satukan KTP & Fc-nya, jepret ke map. Dibawahnya satukan STNK & Fc-nya, jepret ke map dan seterusnya.
Kalau ga mau repot, kasihkan saja ke tukang foto copy disana, cuma 3 ribu rupiah kok, sudah termasuk mapnya, tapi tidak termasuk "kupat tahu" haha..

Selesai tahap persiapan diatas, masukkan map ke loket chek phisik kendaraan yang letaknya disamping tempat foto copy. Tunggu..
Setelah dipanggil, kita chek nomor mesin dan rangka kendaran (nanti juga diarahkan). Beres ini, kembali ke loket awal dan serahkan kembali map tadi dan tunggu panggilan lagi. Selesai urusan chek mengechek (prosesnya hanya 10 menit), kita disuruh ke loket 6 yaitu "Loket Pendaftaran Ulang 5 Tahunan".

Serahkan map-nya ke "Loket Pendaftaran Ulang 5 Tahunan", tunggu sampai dipanggil. Dibagian ini relatif agak lama, mungkin karena pemohonnya banyak. Kurang lebih 1 jam kita menunggu baru dapat panggilan. Panggilan pertama menerima BPKB asli kembali dan disuruh menunggu kembali. Panggilan kedua, kita menerima kembali dokumennya.

Setelah dokumen diterima, dilanjutkan ke loket pembayaran. Serahkan dokumennya dan tunggu panggilan sampai kita menerima resi pembayaran.

Bawa resi pembayaran tadi dan tunggu didepan Loket "Penyerahan STNK" (kalau tidak salah loket 3). Tidak usah menyerahkan resinya, karena kita tinggal menunggu panggilannya sampai kita dapatkan STNK baru. jangan lupa minta KTP asli kalau-kalau dia lupa mengembalikannya kepada kita.

Selesai ?.. Belum.. Kita pergi ke tempat pengambilan plat nomor baru kendaraan. Nah disini sakitnya.. Karena harus nunggu 6 bulan dengan alasan plat alumuniumnya habis hehe..

Dah.. Segitu saja, mudah2an bisa membantu..


1 comment:

  1. Infonya sangat membantu Mas/ Mbak. Terimakasih..

    ReplyDelete

Terimakasih, kritik dan saran anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami.

Mau bikin akun Paypal ?

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.