Pages

13 May 2010

ICW Curigai Penarikan Penyidik Anggodo Pesanan

By dede.suryana, okezone.com

Indonesia Corruption Watch (ICW) mencurigai rencana Mabes Polri menarik empat penyidik yang dipinjamkan ke KPK bermotif tertentu. Sebab, mereka adalah penyidik kasus Anggodo Widjojo.


JAKARTA - Indonesia Corruption Watch (ICW) mencurigai rencana Mabes Polri menarik empat penyidik yang dipinjamkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki motif tertentu.

Sebab, mereka adalah orang-orang yang tengah menangani kasus Anggodo Widjojo, terdakwa perkara dugaan suap ke pimpinan KPK.

"Kami khawatir ada pihak-pihak tertentu yang meminta Mabes Polri untuk menarik (para penyidiknya), motifnya untuk menghambat penanganan kasus Anggodo," ujar Wakil Koordinator ICW Emerson Juntho saat dihubungi wartawan, Rabu (12/5/2010).

Emerson berharap agar para pimpinan KPK meminta Mabes Polri menunda atau membatalkan niatnya, agar penyidikan kasus Anggodo berjalan lancar. Apalagi, dalam perkara yang melibatkan Anggodo itu turut menyeret sejumlah nama pejabat di lembaga hukum.

"Bisa jadi ada kepentingan dan pihak-pihak yang terganggu dalam Mabes Polri. Kita hanya bisa mendorong penyidik agar independen untuk menghindari intevensi," ungkapnya.

Dengan kejadian ini, kata Emerson, pimpinan KPK perlu didorong untuk mengangkat penyidik independen agar tidak terganggu dengan persoalan seperti ini.

Selain bisa terhindar dari intervensi, juga bisa untuk menghindari ketergantungan lembaga penegak hukum lain. "Kalau masih mengambil penyidik dari lembaga penegak hukum lain, justru rentan dengan intervensi lembaga asalnya," terang dia.

Diketahui, KPK telah menerima surat dari Polri pada tanggal 3 Mei 2010 lalu bernomor R/703/V/2010/Sde tentang permintaan penarikan empat penyidik KPK yang bernama Dafief, Bambang Tertianto, Irhamni, dan Rony Samtana. Mereka adalah penyidik kasus Anggodo.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih, kritik dan saran anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami.

Mau bikin akun Paypal ?

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.