Pages

13 May 2010

Penarikan Penyidik Polri di KPK Tak Terkait Anggodo

By dede.suryana, okezone.com,
Mabes Polri membantah isu miring soal penarikan sejumlah penyidik yang dititipkan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sebagai bentuk pencabutan dukungan terhadap institusi antikorupsi ini.

JAKARTA - Mabes Polri membantah isu miring soal penarikan sejumlah penyidik yang dititipkan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sebagai bentuk pencabutan dukungan terhadap institusi antikorupsi ini.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Edward Aritonang mengatakan, lembaganya sudah berkoordinasi dengan KPK terkait penarikan itu.

"Sudah koordinasi untuk cari solusi. Penyidik kita banyak, nanti akan ada penggantian, permohonan ditunda sementara," ujar Edward saat konferensi pers di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (12/5/2010).

Penggantian ini, kata Edward, memang rutin dilakukan dan ini adalah tahun kedua penyidik Polri berada di KPK dan sudah mengalami perpanjangan sesuai perminta KPK. "Sudah diperpanjang para penyidik ini tahun ke-2," jelasnya.

Edward juga membantah, penarikan itu terkait dengan Anggodo Widjojo, mengingat empat penyidik itu, masing-masing Dafief, Bambang Tertianto, Irhamni, dan Rony Samtana, adalah penyidik kasus Anggodo.

Sebelumnya, Indonesia Corruption Watch (ICW) mencurigai rencana Mabes Polri menarik empat penyidik yang dipinjamkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki motif tertentu.

"Kami khawatir ada pihak-pihak tertentu yang meminta Mabes Polri untuk menarik (para penyidiknya), motifnya untuk menghambat penanganan kasus Anggodo," ujar Wakil Koordinator ICW Emerson Juntho.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih, kritik dan saran anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami.

Mau bikin akun Paypal ?

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.