Pages

14 May 2010

Mahasiswa di Aceh Tawuran, 4 Luka

Ratusan mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) terlibat aksi tawuran di komplek kampusnya di Darussalam, Banda Aceh, Jumat (14/5/2010). Empat mahasiswa luka-luka.
BANDA ACEH _ Ratusan mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) terlibat aksi tawuran di komplek kampusnya di Darussalam, Banda Aceh, Jumat (14/5/2010). Empat mahasiswa luka-luka.

Massa dari Pemerintahan Mahasiswa (Pema) bersama Lembaga Dakwah Kampus (LDK) terlibat saling lempar dan pukul dengan massa dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan BEM Fakultas.

Informasi dihimpun okezone di lokasi kejadian menyebutkan, tawuran berawal dari ketidaksepahaman antar kedua kubu dalam sidang umum mahasiswa yang digelar di pelataran Gedung AAC Unsyiah, pagi tadi.

Saat itu, Pema Unsyiah menginginkan pihaknya diberi kewenangan sebagai otoritas tertinggi lembaga mahasiswa dan UKM-UKM di Unsyiah harus tunduk ke mereka.

Pema juga ingin mereka berhak memberi sanksi kepada UKM dengan persetujuan legislatif mahasiswa. Pasal yang menyatakan kewenangan itu diprotes oleh mahasiswa dari UKM didukung BEM Fakultas, hingga ruangan sidang memanas, berujung ricuh.

"Karena Pema ngotot pada pendiriannya jadi ribut," kata Arif Maulana, seorang mahasiswa Unsyiah. Kericuhan di ruangan reda saat memasuki waktu shalat Jumat, sekitar pukul 12.30 WIB.

Celakanya, usai waktu shalat Jumat, sekitar pukul 14.30 WIB, di luar ruangan ketegangan terjadi lagi.

Kedua kelompok massa mulai mempersenjatai dirinya masing-masing dengan balok, besi dan batu. Tiba-tiba, terlibat saling lempar batu, kemudian saling kejar dan adu pukul. Tak puas dengan itu, massa ikut merusak Sekretariat Pema Unsyiah.

Empat mahasiswa jadi korban dan terpaksa dibawa ke Rumah Sakit.
Aksi tawuran reda setelah Polisi dan pihak rektorat turun menenangkan massa, sore tadi.

Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unsyiah, Rusli Yusuf menyatakan, aksi itu terjadi hanya karena mis komunikasi antara kedua kubu mahasiswa. "Dalam dua hari ini, kita akan melakukan negosiasi untuk mendamaikan mereka," kata dia.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih, kritik dan saran anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami.

Mau bikin akun Paypal ?

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.