Pages

21 May 2010

Wira Usaha (Review)

Oleh : Elvia Puspa Dewi


Wira usaha adalah proses yang dialami oleh sekelompok orang guna mengambil resiko waktu dan uang dalam mengejar peluang untuk mencapai nilai dan pertumbuhan melalui inovasi tanpa melihat sumber daya yang sekarang mereka miliki.

Tiga tema penting dalam definisi wira usaha adalah mengejar peluang, inovasi dan pertumbuhan. Para wira usahawan mengejar peluang peluang untuk mengembangkan bisnisnya dengan mengubah, merevolusi, mengolah atau memperkenalkan produk atau jasa baru.


Umumnya para wira usaha pada awalnya membangun wira usaha modal kecil. Dengan berbagai ide bisnis para pengusaha tersebut mendirikan bisnis modal kecil seperti bisnis pulsa, bisnis on line, bisnis menjual alat kecantikan dan lain-lain. Sebelum berwira usaha ada baiknya anda mengetahui karakter seorang wira usaha.

Karakteristik penting dilakukan oleh pengusaha atau para wira usaha adalah sebagai berikut :

1. Risiko Assessor Aspek

Ini sangat penting dalam wira usaha dan salah satu dari semua aspek yang paling mungkin adalah. Banyak organisasi eksekutif bersedia mengambil risiko yang menyajikan dirinya sebagai sebuah terobosan atau tidak pernah sebelum mencoba kesempatan. Tapi tanpa meluangkan waktu dan usaha untuk sepenuhnya mengevaluasi atau mengeksplorasi potensi perangkap ide baru mereka, mereka tidak sangat mungkin untuk berhasil dalam wira usaha mereka. Dalam rangka menjalankan bisnis, anda akan selalu menjumpai sejumlah tantangan, masalah dan situasi yang menuntut perhatian segera anda, keputusan dan resolusi.

Namun, setelah evaluasi, hati-hati ada banyak risiko yang pantas diambil di wira usaha, terutama jika variabel dapat diperiksa dan kemudian bekerja keluar dan jika mayoritas ketidakpastian ini ditentukan untuk menjadi baik bagi bisnis.

2. Wise, Smart dan Menerima Ide Baru

Banyak orang percaya orang yang cerdas adalah seorang yang menjadi eksekutif sukses tetapi bijaksana, berkemauan untuk belajar hal-hal yang baru dan menerima realitas dan sudut pandang baru juga diperlukan sifat-sifat untuk menang dalam berwira usaha perusahaan. Tentu saja, kepandaian anda, wawasan yang tajam, dan cerdas interaksi dengan orang lain akan membawa anda jauh lebih sukses di seluruh transaksi wira usaha bisnis anda.

Terlepas dari posisi anda, saat ini kompleksnya tekanan situasi yang penuh sesak memaksa anda untuk menunjukkan ketangguhan mental, kewaspadaan terhadap perubahan keadaan dan intelijen mengenai tren.

3. Eksekutif Leadership Development.

Kepemimpinan adalah bakat alami dari beberapa orang yang dilahirkan. Hal ini memang bahwa bahan-bahan mentah dan karakteristik keunggulan kepemimpinan dapat sulit untuk dideteksi atau dicari di antara setiap orang atau massa terorganisir individu. Tidak banyak orang yang secara alami memiliki jenis saraf yang diperlukan untuk memimpin di bisnis wira usaha.

Namun, saat ini program-program pelatihan yang inovatif dengan mudah memberdayakan kelompok-kelompok besar orang biasa untuk belajar, memahami dan mengadopsi terbukti kepemimpinan wira usaha sebagai dasar-dasar prinsip-prinsip, praktek dan disiplin. Dalam wira usaha, keterampilan kepemimpinan eksekutif anda akan melayani usaha anda ketika anda meningkatkan kualitas pribadi dan perilaku membantu anda memandu, mempengaruhi, mengelola dan mengarahkan orang. Kemampuan-kemampuan ini akan memungkinkan anda untuk menangani urusan bisnis wira usaha anda dengan lebih mudah dan emosi yang positif.

4. Sebuah Inner Passion for Your Enterprise

Salah satu ciri penting para wira usaha sukses adalah jumlah dan cakupan mereka antusias, penuh gairah semangat mereka untuk bisnis mereka. Kita telah melihat tingkat tinggi sifat emosional ini dalam banyak pelayanan publik, pemerintah dan pemimpin komersial yang juga anggota pendiri organisasi mereka.

Tidak ada pengembangan kepemimpinan eksekutif atau program pelatihan yang inovatif dapat “mengajar” anda bagaimana memiliki keinginan kuat wira usaha anda. Anda sendiri harus memiliki, mempertahankan dan meningkatkan antusiasme anda dan tak kenal kompromi untuk kepentingan dalam kegiatan bisnis anda. Ketika anda bertekad dan semangat mencapai tujuan anda, maka jalan menuju sukses bisnis anda.

5. Kejujuran, Integritas, Trustworthy.

Setiap organisasi yang dibangun dan tergantung pada hubungan positif. Beberapa ahli mengatakan manajemen kepemimpinan wira usaha berarti mendedikasikan dan investasi delapan puluh persen (80%) dari waktu seseorang dalam mengembangkan, menyusun dan memperkuat hubungan dengan rekan kerja, pelanggan dan stakeholders lainnya.

Jelas, ada beberapa ciri-ciri karakteristik dan perilaku yang diperlukan untuk menjamin keberhasilan dalam kegiatan memimpin wira usaha anda. Lima atribut yang tercantum di atas akan membantu anda menangani sebagian besar tanggung jawab organisasi, tugas dan kewajiban anda dalam wira usaha.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih, kritik dan saran anda adalah masukan yang sangat berharga bagi kami.

Mau bikin akun Paypal ?

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.